Rabu, 16 November 2011

RUANG LINGKUP TEKNOLOGI PENGAJARAN


Batasan dan pengertian
Menurut perjalanan sejarah, dunia pendidikan telah mengalami empat tahap perubahan ditinjau dari penyajian materi pelajaranya. Pertama tatkala dalam masyrakat tumbuh suatu profesi baru yang disebut guru yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan mewakili  orang tua. Dengan demikian mengalami pergeseran peran pendidikan dirumah menjadi formal atau sekolah. Kedua dimuali dengan dipergunakanya bahasa tulisan disamping bahasa lisan dala penyajian ajaran. Ketiga dengan ditemukanya teknik pencetakkan yang memungkinkan diperbanyaknya bahan-bahan bacaan dalam bentuk buku-buku teks sebagai materi pelajaran tercetak. Empat  masuknya teknologi berikut produknya yang menghasilkan alat-alat mekanis, optis, maupun elektronis.
Teknologi pendidikan sering dikacaukan dengan teknologi pengajaran. Teknologi pengajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan. Hal itu didasarkan atas konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Teknologi pengajaran merupakan satu himpunan dari proses terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan, dan organisasi serta pengelolaan cara pemecahan masalah-maslah pendidikan yang terdapat didalam  situasi-situasi belajar yang bertujuan dan disengaja.
Teknologi pendidikan juga bermakna suatu  proses yang terintegrasi yang melibatkan manusia, prosedur, gagasan, peralatan, dan organisasi untk menganalisis masalah-masalah pendidikan dan cara pemecahanya, mencobakan model-model pemecahan mengadakan penilian dan mengelolanya. Defisinisi teknologi pengajaran adalah sebagai media yang lahir sebagi akibat hasil revolusi komunikasi yang dapat dipakai untuk kegiatan pengajaran daisamping guru, buku teks, dan papan tulis, Media tersebut berupa radio, film, televise, overhead projector dan lain-lain. Rumusan ini muncul karena media merupakan salah satu komponen dari teknologi pengajaran.
Dengan demikian teknologi pengajaran tidak hanya merupakan keseluruhan sistem untuk mengelola hasil belajar sehingga memperoleh nilai tambah. Ini berarti bahwa teknologi pengajaran dapat diartikan sebagai cara yang sistematis dalam merancang, melaksanakan, dan menilai keseluruhan proses belajar-mengajar dalam hubungannya dengan tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
Sumber : Dr. Nana Sudjana, Drs Ahmad Rivai.( Teknologi Pengajaran )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar