Rabu, 16 November 2011

PENGENALAN BEBERAPA MEDIA


Sumber : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A.  Media Pembelajaran 
Dalam perkembanganya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang paling tua yang dimanfaatkan sebagai poses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar mekanis. Kemudian lahir teknologi audio-visual yang mengabungkan penemuan mekanis dan elektronis untuk tujuan pembelajaran. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikro prosesor yang melahirkan pemekaian computer dan kegiatan interaktif (seels & Richy, 1994 ). Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok, yaitu (1) media hasil teknologi cetak, (2) media hasil audio-visual, (3) media hasil teknologi yang berdasarkan computer, dan (4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer.
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan meteri visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis atau fotografis.
Teknologi audio-visual cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan men gunakan mesin –mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-peasan audio-visual, seperti proyektor film, tape recorder, dan proyektor visual yang lebar.
Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan mengunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis computer dengan yang dihasilkan dari dua teknologi lainya adalah karena informasi/ materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan atau visual. Pada dasarnya teknologi berbasis komputer mengunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa.
Teknologi gabungan  cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang mengabungkan pemakaian beberapa bentk media yang dikendalikan oleh komputer. Perpaduan bebrapa jenis teknologi ini dianggap teknik yang paling canggih apabila dikendalikan oleh komputer yang memiliki kemampuan hebat seperti jumlah random access memory  yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah dengan pariperal( alat –alat tambahan seperti vidiodisc player, perangkat keras untuk bergabung dalam satu jaringan, dan sistem audio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar