Rabu, 16 November 2011

FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN


Sumber : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A.  Media Pembelajaran 
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting yaitu metode belajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jinis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa menguasai setelah pembelajaran berlangsung dan konteks pembelajran termasuk karaktristik siswa.
Meskipun demikian salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang tyrut mempengaruhi iklim, kondidsi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diharapkan guru.
Hamalik(1986) mengemukakan bahwa pemakian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kigiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Pengunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.
Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, juga dapat membanyu siswa menigkatkan pemahaman, menyajiakan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.
Levie &Lentz (1982)  mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a) funfsi atensi (b) fungsi afektif  (c) fungsi kognitif , dan (d) fungsi kompensatoris.
Fungsi atensi media visaual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perahtian siswa berkonsentrasi kapada isis pelajaran yang berakitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (membaca) atau teks yang bergambar. Misalnya gambar masalah sosial atau ras.
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untnk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang ter kandung dalam gambar.
Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingstnya kembali.dengan kata lain, berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar