Rabu, 16 November 2011

PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL


Drs. Mudlofir, M.Sc. TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL,
(sebagai landasan perencanaan dan penyusunan program pengajaran  )

Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadau meliputi manusia, prosedur,ide, alat, dan organisasi untuk menganalisis masalah serta merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola usaha pemecahan masalah yang berhubungan dengan segala aspek belajar. Sedangkan teknologi instruksional adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu meliputi manusia, prosedur, ide, alat, dan organisasi, untuk menganalisis masalah serta merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola usaha pemecahan msalah dalam situasi belajar yang bertujuan dan yang terkontrol.
Dalam teknologi instruksional usaha pemecahan maslah itu akan berbentuk sistem instruksional yang lengkap, yang merupakan kombinasi dari komponen sistem instruksional yang sengaja dirancang, dipilih dan digunakn secara terpadu. Komponen tersebutu terdiri dari atas pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan. Proses dalam menganalis masalah serta merancang, melaksanakan, dan menilai usaha pemecahan masalah merupakan fungsi pengembangan instruksional dari teori-riset, desain, produksi, seleksi-evaluasi, logistis, dan pemanfaatan penyebaran. Kegiatan instruksional sering juga sama dengan mengajar atau member kuliah. Dalam konteks ini mengajar merupakan dari profesi, sedangkan member kuliah merupakan salah satu penerapan sterategi pengajaran.
Kegiatan instruksional mempeunyai pengertian yang lebih luas, yaitu cara yang dipakai pengajar, ahli kurikulum, perancang bahan, dan lain-lain, yang bertujuan untuk mengembangkan rencana yang terorganisasi guna keperluan belajar atau dapat dikatan pula setiap bentuk kombinasi dari komponen sistem instruksional yang memungkinkan berlangsungnya kegiatan belajar secara bertujuan. Kombinasi itu mungkin saja berlangsung tanpa adanya komponen orang, yaitu bila kegiatan belajar berlangsung secar mandiri  tanpa hadirnya dosen/ pengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar