Rabu, 16 November 2011

POLA DAN MODEL-MODEL PENGEMBANGAN ISTRUKSIONAL


Drs. Mudlofir, M.Sc. TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL,
(sebagai landasan perencanaan dan penyusunan program pengajaran  )
                                                                                                         
Pola-pola Instruksional
Aplikasi praktis teknologi pendidikan akan mempengaruhi bidang pendidikan dalam berbagai macam bentuk. Adanya berbagai komponen sistem instruksional serta kombinasi di antaranya merupakan salah satu bentuk pengaruh yang nyata. Demikian pula fungsi pengembangan dan manejemen, seperti misalnya yang dapat ditunjukan dengan kegiatan membuat film instruksional, menyusun katalog media, mengelola fasilitas/sumber belajar, serta kegiatan lainnya, merupakan bukti nyata akan pengaruh teknologi instruksional dalam bidang pendidikan.
Disamping itu, pengaruh yang medasar terletak pada  pengembangan pola instruksioanal, pada umunya pola instruksional dapat dikenal dimana dosen atau guru pada umumnya mempunyai kedudukan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam sistem instruksional, atau dapat dikatan bahwa pola ini pola tradisional yaitu dosen memegang kendali sepenuhnya dalam menempatkan isi dan metode belajar bahkan dalam menilai kemajuan belajar mahasiswa. Secara operasional penerapan pola instruksional mempunyai cirri sebagai berikut:
1)      Sarana fisik yang mengantarai penyampaian informasi
2)      Sistem instruksional di mna sarana fisik tersebut merupakan salah satu komponen terpadu.
3)      Adanya serangkaian pilihan yang menghendaki antara lain: a). perubahan fisik tempat dan cara belajar b). hubungan antara pengajar dan peserta didik yang tidak langsung. c). aktivitas anak didik yang lebih mandiri d). perlu adanya pembantu pengajar(seperti pengembangan instruksional, produksi media dan lain-lain). e). perubahan peranan dan kecakapan pengajar f). keluwesan waktu dan tempat.


Model-model pengembangan Instruksional
Pengembangan instruksional adalah cara yang sistematis dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan megevaluasiseperngkat materi dan stretegi yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengembangan instruksional ini terdiri dari seperangkat kegiatan yang meliputi perencanaan, pengembangan dan evaluasi terhadap sistem instruksional yang sedang dikembangkan tersebut. Pengembnagan juga instruksional adalah teknik pengolaan dalam mencari pemecahan masalah-masalah instruksional atau dalam setidak-tidaknya, dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar yang adad untuk memperbaiki pendidikan.
Ada beberapa model pengembangan instruksional, misalnya model pengembangan Bringgs, model Banatly, model PPSI( prosedur pengembangan sistem intruksional), model Kemp, model Gerlach dan Ely, dan lain-lainya. Bahwa setiap model mengandung kegiatan yang dapat digologkan, kedalam tiga kategori kegiatan pokok, yaitu:
a.       Kegiatan yang membantu menentukan masalah pendidikan dan megorganisasikan alat untuk memecahkan masalah tersebut.
b.      Kegiatan yang membantu menganalisis dan mengembangakan pemecahan masalah.
Kegiatan yang melayani keperluan evaluasi pemecahan masalah t

1 komentar:

  1. ini belum selesai yah di ketiknya?
    Apa saja yang macam-macam Model-model pengembangan Instruksional?

    BalasHapus